Blog ini berisi tentang jenis-jenis ikan yang ada didunia baik itu Ikan Air Asin maupun Ikan Air Tawar. Serta dilengkapi dengan beberapa Khasiat dan Manfaat, Tips dan Cara mengolah ikan. Semoga bisa meningkatkan pengetahuan dan informasi yang bermanfaat untuk semuanya ;)

Minggu, 19 April 2015

Ikan Makerel

Ikan Makerel (dari bahasa Inggris, mackerel) adalah sebutan bagi sekelompok ikan laut yang terdiri dari beberapa marga anggota famili Scombridae. Dalam peristilahan bahasa Inggris, sebutan mackerel juga mencakup kelompok ikan tenggiri dan kembung.


Makerel adalah ikan pelagis, umumnya hidup jauh di laut lepas, meski beberapa jenisnya juga bisa didapati di perairan teluk yang tak jauh dari pantai. Jenis-jenis ikan ini tersebar di pelbagai lautan tropis dan ugahari. Sebagian jenisnya mampu menyelam hingga kedalaman lebih dari 1.000 meter. Beberapa spesies makerel yang lebih besar, seperti makerel sirip biru (bluefin mackerel), dapat menaikkan suhu darahnya di atas suhu air dengan aktivitas ototnya. Hal ini menyebabkan mereka dapat hidup di air yang lebih dingin dan dapat bertahan dalam kondisi yang beragam.

Ikan Makerel adalah jenis ikan yang banyak terdapat di berbagai lokasi perairan di seluruh dunia. Hampir semua perairan mengenal ikan mackarel dengan namanya sendiri – sendiri. Ikan Makerel merupakan sumber makanan bagi jenis ikan- ikan predator. Ikan tuna, lumba- lumba dan ikan paus, serta marlin memburu ikan ini sebagai makanan utama.

Makerel berasal dari keluarga scombridae dan memiliki beberapa jenis yang tersebar di seluruh dunia. Bentuk umum untuk ikan ini adalah tubuh yang ramping dan berbentuk silinder. Ikan Makerel juga memiliki warna tubuh keperakan seperti ikan tuna, namun dengan ukuran tubuh yang jauh lebih kecil. Ikan Makerel terbesar yaitu jenis Scomberomorus cavalla yang dikenal sebagai raja makerel dengan panjang tubuh bisa mencapai 1,5 m.

Ikan makerel selain sebagai umpan dalam usaha perikanan, ikan ini dapat kita temukan hasilnya olahannya sebagai sarden. Ikan mackerel yang dibuat sarden biasanya diambil dari ikan segar yang diambil dari laut dan langsund diolah di pabrik pengolahan ikan sarden dengan memberi ikan makerel bumbu dan saus tomat serta langsung dipacking ditempat. Kesegaran suatu produk sarden ikan makerel menjadikan sarden ini menjadi lebih enak.

(Berbagai Sumber)

Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

0 komentar:

Posting Komentar