Blog ini berisi tentang jenis-jenis ikan yang ada didunia baik itu Ikan Air Asin maupun Ikan Air Tawar. Serta dilengkapi dengan beberapa Khasiat dan Manfaat, Tips dan Cara mengolah ikan. Semoga bisa meningkatkan pengetahuan dan informasi yang bermanfaat untuk semuanya ;)

Kamis, 02 April 2015

Ikan Belanak

Bagi sebagian orang sudah tidak asing lagi mendengar nama ikan ini karena sudah banyak dijual dipasaran dan dikonsumsi sehari-hari maupun menjadi menu andalan dirumah-rumah makan ternama. Ikan Belanak adalah sejenis ikan laut tropis dan sub tropis yang bentuknya hampir menyerupai Ikan Bandeng. Ikan Belanak dalam bahasa inggris dikenal dengan blue-spot mullet atau blue-tail mullet. Keluarga mencakup sekitar 80 spesies dalam 17 genera, meskipun setengah dari spesies hanya dalam dua genera (Liza dan Mugil).  

Ikan belanak dibedakan oleh kehadiran dua sirip punggung yang terpisah, mulut segitiga kecil, dan tidak adanya organ gurat sisi. Mereka memakan detritus, dan sebagian besar spesies memiliki perut yang luar biasa berotot dan faring kompleks untuk membantu dalam pencernaan. 



Daerah penyebaran
Menyebar mullet di perairan tropis dan subtropis (FAO, 1974 di Adrim et al., 1988), juga ditemukan di air payau dan kadang-kadang di air tawar (Iversen, 1976). Mullet ditemukan di Pasifik di Fiji, Samoa, Kaledonia Baru dan Australia. Sementara di Asia, ditemukan di Indonesia, India, Filipina, Malaysia dan Sri Lanka.


Di Amerika Utara, "mullet" dengan sendirinya biasanya mengacu Mugilidae. Di Eropa, kata "mullet" biasanya memenuhi syarat, yang "ikan belanak abu-abu" yang Mugilidae dan "ikan belanak merah" atau "surmullets" menjadi Mullidae, terutama anggota genus Mullus, para ikan belanak merah. Di luar Eropa, Mullidae sering disebut "goatfish". Ikan dengan nama-nama umum termasuk kata "mullet" dapat menjadi anggota dari satu keluarga atau yang lain, atau bahkan tidak berhubungan seperti air tawar pengisap putih (Catostomus commersonii).

Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

0 komentar:

Posting Komentar