Blog ini berisi tentang jenis-jenis ikan yang ada didunia baik itu Ikan Air Asin maupun Ikan Air Tawar. Serta dilengkapi dengan beberapa Khasiat dan Manfaat, Tips dan Cara mengolah ikan. Semoga bisa meningkatkan pengetahuan dan informasi yang bermanfaat untuk semuanya ;)

Jumat, 24 April 2015

Kuda Laut

Kuda Laut adalah jenis ikan yang hidup di laut dari genus Hippocampus dan familia Syngnathidae. Hewan dengan ukuran yang bervariasi antara 16 mm (untuk spesies Hippocampus denise) sampai 35 cm ini dapat ditemukan di perairan tropis dan menengah di seluruh dunia. Kuda laut merupakan satu-satunya spesies yang jantannya dapat hamil.

Sirip dorsal pada kuda laut terletak pada bagian bawah sedangkan sirip pektoralnya terletak pada bagian kepala, di dekat insang. Beberapa spesies kuda laut berwarna transparan sebagian, sehingga tidak mudah terlihat.
Populasi kuda laut terancam karena penangkapan yang berlebihan. Kuda laut dimanfaatkan pada herbologi tradisional Tiongkok dan sebanyak 20 juta kuda laut telah ditangkap setiap tahunnya untuk keperluan ini. Impor ekspor kuda laut diatur dalam CITES sejak 15 Mei 2004.

Adapun keistimewaan Kuda Laut yakni sebagai berikut :

Bentuk dan Cara Berenangnya Unik
Kepala kuda laut membentuk siku-siku. Ukuran kepalanya bervariasi mulai dari 16-35 cm. Hewan ini bisa kita temui di perairan tropis bersama dengan ganggang laut dan tumbuhan lainnya. Di beberapa spesies, sebagian tubuhnya berwarna transparan, jadi nggak mudah terlihat oleh mata manusia. Tiap kali berenang, mereka selalu menganggukkan kepala ke atas dan ke bawah untuk bisa bergerak. Lucunya mereka nggak bisa menggelengkan kepala atau menoleh ke kanan atau ke kiri. Satu lagi, mata kuda laut dapat bergerak berputar 360 derajat dan melihat sekelilingnya dengan mudah, tanpa harus menggerakkan kepalanya.

Cara Makan Unik
Kuda laut punya cara makan yang unik. Mereka akan mengaitkan ekornya di rumput-rumput laut dan terumbu karang kemudian menghisap makanan serta plankton dengan moncong mereka. Makanan utama mereka adalah plankton dan hewan kecil seperti udang. Dalam sehari, kuda laut memakan lebih dari 3000 otak udang.

Punya Perlindungan Unik
Hewan yang bernama lain Cavalluccio Marino ini memiliki kulit luar yang keras seperti batu. Kulit ini sering disebut baju zirah atau ‘baju besi.’ Fungsinya sebagai pelindung dari bahaya. Kulit ini sangat sulit untuk dihancurkan, bahkan dengan tangan manusia sekalipun.

Bisa Jadi Ayah Sekaligus Ibu

Kuda laut jantan memiliki tugas berat lho. Ternyata, merekalah yang mengandung dan melahirkan bayi-bayi kuda laut, bukan sang betina. Kuda laut betina hanya bertugas memproduksi dan mengeluarkannya telur. Kemudian, telur-telur tersebut disimpan dalam perut si jantan. Kuda laut jantan yang nantinya akan menjaga, membawanya sampai telur ini menetas, dan melepaskan bayi-bayi kuda laut ke air.

Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

0 komentar:

Posting Komentar