Blog ini berisi tentang jenis-jenis ikan yang ada didunia baik itu Ikan Air Asin maupun Ikan Air Tawar. Serta dilengkapi dengan beberapa Khasiat dan Manfaat, Tips dan Cara mengolah ikan. Semoga bisa meningkatkan pengetahuan dan informasi yang bermanfaat untuk semuanya ;)

Jumat, 05 Juni 2015

Ikan Genggehek

Ikan putihan berukuran kecil hingga sedang, panjang total 200 mm. Gurat sisi 26-29 buah; moncong dengan 4 sungut kecil. Tinggi tubuh di awal sirip punggung 2,7-3 kali berbanding panjang standar (yakni panjang tanpa sirip ekor). Panjang kepala 4,1-4,2 berbanding panjang standar. Awal sirip punggung kira-kira sejajar sisik gurat sisi ke-9 atau ke-10, di belakang awal sirip perut, dan terpisah dari ubun-ubun oleh 9-10 sisik.


Rumus sirip punggung IV (jari-jari keras, duri).8 (jari-jari lunak, bercabang); sirip dubur III.8-9; sirip dada I.14-15; dan sirip perut I.8. Jari-jari keras terakhir (yakni duri yang terbesar) pada sirip punggung bergerigi di sisi belakangnya. Terdapat duri kecil yang mengarah ke depan di muka sirip punggung (procumbent dorsal spine), yang kadang-kadang tersembunyi di bawah sisik. Batang ekor dikelilingi 14 sisik, Ekor menggarpu dalam. Sisik-sisik berwarna perak, dengan sirip punggung dan sirip ekor bermargin kehitaman.
Genggehek hidup di sungai, terutama di bagian yang dalam (lubuk, kedung), di waduk atau danau. Makanan utama ikan ini adalah tumbuhan air dan atau detritus, bergantung pada kondisi lingkungannya. 

Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

0 komentar:

Posting Komentar