Blog ini berisi tentang jenis-jenis ikan yang ada didunia baik itu Ikan Air Asin maupun Ikan Air Tawar. Serta dilengkapi dengan beberapa Khasiat dan Manfaat, Tips dan Cara mengolah ikan. Semoga bisa meningkatkan pengetahuan dan informasi yang bermanfaat untuk semuanya ;)

Kamis, 02 April 2015

Ikan Kembung

Bagi Anda penggemar Seafood tentunya sudah akrab dengan ikan ini biasanya ikan ini menjadi menu favorite dirumah-rumah makan, banyak orang yang mengonsumsi ikan ini karena daging ikan ini sangat enak, lembut dan padat. Kembung termasuk ikan pelagis kecil yang memiliki nilai ekonomis menengah, sehingga terhitung sebagai komoditas yang cukup penting bagi nelayan lokal.


Kembung adalah nama sekelompok ikan yang tergolong ke dalam marga Rastrelliger, suku Scombridae. Meskipun bertubuh kecil, ikan ini masih sekerabat dengan tenggiri, tongkol, tuna, madidihang, dan makerel. Di Ambon, ikan ini dikenal dengan nama lema atau tatare, di Makasar disebut banyar atau banyara. Dari sini didapat sebutan kembung banjar.
Tubuh ramping memanjang, memipih dan agak tinggi, 1 : 3, 7–6 dibandingkan dengan panjang tubuh FL (fork length). Sisi dorsal gelap, biru kehijauan hingga kecoklatan, dengan 1–2 deret bintik gelap membujur di dekat pangkal sirip punggung; sisik ventral keperakan.
Sisik-sisik yang menutupi tubuh kembung berukuran kecil dan seragam. Sirip punggung dalam dua berkas, diikuti oleh 5 sirip kecil tambahan (finlet). Jumlah finlet yang sama juga terdapat di belakang sirip anal, duri pertama sirip anal tipis dan kecil (rudimenter). Sepasang lunas ekor berukuran kecil terdapat di masing-masing sisi batang ekor. Di depan dan belakang mata terdapat pelupuk mata berlemak (adipose).

Di perairan Nusantara dikenal tiga spesies kembung, yakni:
  • Rastrelliger faughni Matsui, 1967, Kembung
  • Rastrelliger brachysoma (Bleeker, 1851), Kembung Perempuan
  • Rastrelliger kanagurta (Cuvier, 1817), Kembung Lelaki


Ikan ini sering diolah  menjadi sebuah makanan yang sangat menggoda untuk pelanggan setianya diantaranya digoreng, direbus, Gulai Ikan Kembung Sambal Dabu-dabu, Pepes Ikan Kembung, Ikan Kembung Asam Pedas, Ikan Kembung Kuah Pindang, Dan lain sebagainya. Selain itu Ikan Kembung biasanya dijual segar atau diproses menjadi ikan pindang dan ikan asin yang lebih tahan lama. Ikan kembung yang masih kecil juga sering digunakan sebagai umpan hidup untuk memancing cakalang.



Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

0 komentar:

Posting Komentar